Tagged Under:

Komunitas Akar Rumput: Mengakar kuat, Memberi Manfaat

Permasalahan sosial dan pendidikan merupakan fenomena klasik yang belum terselesaikan di negeri ini. Kurangnya kepedulian terhadap kegiatan sosial kemasyarakatan, serta kurangnya budaya membaca dan masih awamnya diskusi di ruang publik menyebabkan hal ini menjadi semakin sukar untuk mencapai benang merah dalam penyelesaian terhadap permasalahan tersebut. Berdasarkan latar belakang ini, Komunitas Akar Rumput berinisiasi untuk mencoba menyelesaikan permasalahan tersebut di Kota Pelajar, Yogyakarta.

Sepuluh Oktober 2015 menjadi sejarah terbentuknya komunitas ini yang anggotanya berasal dari mahasiswa pascasarjana yang berlatar belakang daerah yang beragam dan dari multi disiplin ilmu di UGM. Lambat laun, Akar Rumput mulai bertambah anggotanya yang berasal dari mahasiswa UIN Sunan Kalijaga, UNY, Universitas Atmajaya, dan perguruan tinggi lainnya, serta dari masyarakat umum.

 “Mengakar Kuat Memberi Manfaat” menjadi slogan bagi komunitas ini, memulai dengan hal yang sederhana namun dilakukan tekun dan senang hati, yaitu membaca buku. Tujuannya adalah untuk membiasakan kegiatan sosial dan membudayakan membaca di ruang publik, tidak sekedar bermain ataupun berekreasi, tapi dapat sekaligus meluangkan waktu beberapa saat untuk menambah wawasan dan pengetahuan dengan membaca.

Komunitas ini pada awalnya hanya sekedar kumpul-kumpul di perpustakaan kampus pada waktu siang dan di warung-warung kopi pada waktu malam untuk membaca buku, berdiskusi serta membahas keresahan yang ada di negeri ini. Pada akhirnya, komunitas ini berinisiatif untuk melakukan kegiatan-kegiatan yang positif, tidak hanya untuk dirinya, namun juga bermanfaat untuk masyarakat pada umumnya.










Share on :

0 komentar:

Posting Komentar

Our Location